Selasa, 27 Agustus 2013

Mengerti Fungsi Asuransi Dalam Rencana Keuangan



Asuransi memiliki fungsi proteksi. Ibarat sebuah payung besar yang kita bisa bawa ke mana-mana. Saat tidak digunakan, payung ini tetap siap sedia melindungi jika sampai terjadi hujan.

Setiap rencana keuangan yang baik harus memiliki rekomendasi proteksi. Dalam hal ini Asuransi berperan serta untuk memastikan tidak ada skenario negatif yang dapat menggagalkan implementasi Rencana Keuangan. 

Ada 4 skenario yang perlu kita cermati. Keempat skenario ini dapat menyebabkan kesulitan finansial atau menggagalkan implementasi Rencana Keuangan.


  1. Sakit dan Membutuhkan Perawatan di Rumah Sakit
    Semua orang tanpa kecuali membutuhkan Asuransi Kesehatan agar ada yang membiayai jika membutuhkan rawat inap di Rumah Sakit. Sementara untuk rawat jalan kita masih dapat menggunakan Dana Darurat.

  2. Meninggal Dunia
    Jika Anda seorang pemberi nafkah utama keluarga, maka Anda membutuhkan perlindungan Asuransi Jiwa. Saat seseorang meninggal dunia, keluarganya akan pula kehilangan sokongan finansial dari penghasilan orang tersebut.

  3. Kecelakaan yang Menyebabkan Cacat Tetap atau Cacat Total
    Kecelakaan dapat menyebabkan seseorang mengalami cacat. Cacat tetap seperti terputusnya bagian tubuh. Cacat total seperti keadaan koma yang berkelanjutan atau tidak mampu untuk menggerakan tubuh sama sekali. Kondisi seperti ini dapat menyebabkan seseorang tidak mampu lagi untuk bekerja seperti kondisi sebelumnya. Maka Asuransi Kecelakaan dapat membantu orang tersebut untuk memulai karir baru.

  4. Penyakit Kritis
    Dari sekian banyak penyakit kritis, ada 4 yang perlu mendapat perhatian besar : Stroke, Jantung, Gagal Ginjal dan Kanker. Keempat penyakit ini dapat menyebabkan kondisi kritis dan biaya pengobatan yang tinggi. Asuransi Penyakit Kritis dapat membantu meringankan beban biaya pengobatan yang tinggi tersebut.
Payung yang tidak digunakan tetap dapat bermanfaat, karena fungsi perlindungannya-lah yang harapkan. Demikian juga dengan Asuransi. Jadi pastikan Anda memang sudah memiliki Asuransi yang sesuai untuk proteksi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar